Hal Penting Seputar Strategi Dan Taktik Bermain Sepakbola

  • July 30, 2020

Ada pula strategi penyerangan dengan mencari celah atau ruang kosong untuk dapat menerobos penjagaan kokoh di area tim lawan. Dalam menyerang dengan mencari ruang kosong, tujuan utamanya adalah supaya pemain dapat melakukan operan terobosan ke dalam area lawan dan penyerangan pun berjalan sempurna. Pertahanan jenis ini berintikan bahwa pemain yang bertugas bertahan perlu menjaga daerah pertahanan yang sudah pelatih tentukan. Apabila pemain dari tim lawan mencoba menerobos untuk masuk ke daerah tersebut, maka tugas utama pemain bertahan adalah menghalau pemain lawan supaya tak telanjur masuk.

Dalam strategi ini, pengaplikasian dapat dilakukan kelompok maupun perseorangan di mana tujuannya adalah untuk menahan serangan dari tim lawan supaya tak kebobolan. Beberapa permainan sepak bola juga memiliki permainan ala manajer bola yang seru untuk dimainkan.

Walaupun berasal dari kecerdasan seorang pelatih asal Argentina, Helenio Herrara, seni bertahan dalam sepakbola ini malah populer dan berkembang sangat pesat di Italia. Ditaktik ini tidak mementingkan berapa banyak gol yang dicetak. Mereka berfokus terhadap permainan bertahan dan tidak mempedulikan jika hanya meraih kemenangan satu angka. Yang terpenting, gawang mereka sukses terhindar dari kebobolan. Buktinya, kegemilangan timnas Italia dalam menjuarai Piala Dunia 2006 lalu.

Dalam pertahanan sepakbola terdapat tiga taktik yaitu pertahanan yang dilakukan secara individu, pertahanan yang dilakukan secara bersama, dan pertahanan gabungan dari keduanya. Ketiganya bertujuan untuk menghambat bola sehingga tidak membahayakan gawang dari serangan lawan. Ada juga strategi penyerangan dengan mencari celah atau ruang kosong untuk dapat menerobos penjagaan kokoh di area tim lawan. Dalam menyerang dengan mencari ruang kosong, tujuan utamanya adalah agar pemain dapat melakukan operan terobosan ke dalam area lawan dan juga penyerangan pun berjalan sempurna. Zone Defence Pertahanan jenis ini berintikan bahwa pemain yang bertugas bertahan perlu menjaga daerah pertahanan yang telah pelatih tentukan.

Catenaccio merupakan gaya permainan yang memainkan bola di daerah pertahanan sendiri sambil menunggu waktu yang tepat untuk melakukan serangan balik. Ciri khas taktik ini adalah man to man marking dan keberadaan pemain yang berfungsi sebagai libero. Pelajari cara menyerang balik untuk menciptakan peluang mencetak gol.

Sebuah tim bisa saja berkerumun di wilayah pertahanannya dan hanya meninggalkan satu pemain jauh di pertahanan lawan, menunggu untuk menerobos barisan lawan saat rekannya berhasil merebut bola. Semakin kuat dan terorganisasi pergerakan tim lawan, maka tim bertahan juga mesti mengimbanginya dengan usaha yang juga mesti terkoordinasi dengan baik juga.

Apabila pemain dari tim lawan mencoba menerobos untuk masuk ke daerah tersebut, maka tugas utama pemain bertahan merupakan menghalau pemain lawan agar tidak telanjur masuk. Dalam strategi ini, pengaplikasian bisa dilakukan kelompok maupun perseorangan di mana tujuannya adalah untuk menahan serangan dari tim lawan agar tidak kebobolan. Pemain belakang atau bek adalah yang bertugas untuk bertahan dan disebut juga dengan barisan pertahanan. Cara untuk bertahan cukup beragam, tapi pada penerapannya harus terpola dengan baik dan terkoordinir.

Jevonte

E-mail : admin@radiobeatitudes.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*